Sektor
Layanan Kemanusiaan
Tujuan
Berkomunikasi & berkolaborasi secara efektif
Dorong traffic ke situs
Meningkatkan produktivitas & menyederhanakan operasi
Merekrut, melatih, dan terhubung dengan relawan
Penggalangan dana
Perluas jangkauan
Temukan donatur
Tingkatkan Kesadaran
Tantangan
Dari total populasi Washington DC, 16,4% di antaranya hidup dalam kemiskinan1, dan harga rumah terus naik setiap tahunnya. Thrive DC perlu bertindak cepat dan dalam skala luas untuk mengurangi risiko meningkatnya masalah tunawisma di DC, yang saat ini memengaruhi 7.400 orang2.
“Jika Anda mengumpulkan 3 juta dolar untuk menghidangkan ribuan porsi makan setahun serta membantu orang terlepas dari minuman keras, berintegrasi kembali dengan masyarakat setelah keluar dari penjara, atau mendapatkan pekerjaan, inefisiensi adalah hal yang harus benar-benar Anda hindari. Google untuk Nonprofit membuat kami jadi lebih efisien.”
Daniel Meloy, Direktur Pengembangan Thrive DC.
Kisah
Biasanya, pagi di Thrive DC diawali dengan sarapan bergizi yang dihidangkan untuk 150-200 orang klien. Mereka juga dapat mengakses fasilitas mandi dan penatu di tempat ini. Sepanjang minggu, Thrive DC mengadakan dukungan konseling terkait penyalahgunaan narkoba, program integrasi kembali ke masyarakat pasca-penahanan, bank makanan, pelatihan keterampilan kerja, akses ke laboratorium komputer, dan layanan pengiriman surat untuk 1.000 klien. Dengan staf yang hanya terdiri dari 16 orang, setiap tahun Thrive DC melayani lebih dari 2.000 klien, berkoordinasi dengan 2.400 relawan, menyediakan 160.000 porsi makan, dan menyalurkan lebih dari 63 ton makanan melalui dapur daruratnya.
Kunci kesuksesan mereka adalah tim yang produktif, sistem pengelolaan relawan yang sangat terstruktur, dan strategi penggalangan dana yang efisien. Saat tim Google untuk Nonprofit mengunjungi kantor Thrive DC di Washington, kami merasa sangat bangga melihat bagaimana produk kami memudahkan semua aktivitas mereka.
Efisiensi sangat penting bagi organisasi kecil yang pekerjaannya mengubah kehidupan ribuan orang. Google Workspace membantu Thrive DC menjadi lebih produktif. Google Kalender digunakan untuk menugaskan enam program berbeda kepada ribuan sukarelawan setiap minggunya, dan acara diberi kode warna untuk melihat sekilas kelompok yang menjadi sukarelawan, beserta waktunya. Google Drive dan Meet menjadikan kolaborasi jauh lebih mudah: “Saat mengelola database sukarelawan, kami semua bekerja di Google Spreadsheet yang sama. Dalam dua jam, kami berhasil menyelesaikan tugas yang akan memerlukan waktu dua minggu jika tidak menggunakan Spreadsheet,” kata Kira Lanier, Development Manager Thrive DC. “Saat tidak sedang duduk bersama, kami bisa berkomunikasi melalui chat grup Hangout.”
“Berkat Google Workspace, kami bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk melayani masyarakat.”
Kira Lanier, Manajer Pengembangan Thrive DC
“Melayani masyarakat” memiliki arti yang sangat spesifik bagi Thrive DC. Ungkapan ini berarti memberikan makanan dan perawatan kepada sekelompok orang yang rentan setiap harinya. Selain itu, ungkapan ini juga berarti mengembangkan program dukungan bagi para tunawisma untuk berintegrasi kembali ke masyarakat, menjadi mandiri, mencari pekerjaan, dan akhirnya punya tempat untuk tinggal. Tujuan yang begitu menginspirasi ini membutuhkan sumber daya dengan jumlah yang terus meningkat. Penggalangan dana offline tradisional masih penting bagi Thrive DC, tetapi saluran penggalangan dana lewat pos langsung tidak mengalami perkembangan. Sebagai alat online, Ad Grants telah membuka peluang penggalangan dana baru. “Kini pendukung lebih mengenal kami daripada sebelumnya, dan hal ini karena kami dapat beriklan secara online [tanpa biaya]. Tanpa Google, kami tidak akan memiliki sumber daya ini,” kata Alicia Horton, Executive Director. Saluran sumbangan online Thrive DC kini mengalami peningkatan dua digit persen setiap tahunnya.
Dampak Google untuk Nonprofit
- Google Workspace telah secara drastis mengubah cara Thrive DC bekerja, mengelola sukarelawan, berkomunikasi, dan bahkan merekrut staf berbakat. Untuk pertama kalinya, tim ini mempekerjakan seorang karyawan dari jarak jauh. Dengan menggunakan Meet untuk melakukan konferensi video dan Google Drive untuk berbagi dokumen, semua orang dapat berkolaborasi dengan mudah dan serentak dari lokasi yang berbeda.
- Google Workspace dan Ad Grants yang digunakan tanpa biaya menghasilkan nilai setara dengan lebih dari 1.000 janji temu dokter dan 40.000 porsi makan tambahan per tahun untuk klien Thrive DC.
- Dengan Ad Grants:
- Donasi online telah meningkat 38% dari tahun 2017 hingga tahun 2018.
- Situs Thrive DC meraih visibilitas yang sangat tinggi sehingga kini organisasi ini menerima cukup banyak lamaran sukarelawan secara online dan tidak lagi menghabiskan waktu untuk perekrutan. Hal ini menghemat 40 hari kerja setiap tahunnya, dan sumber daya tambahan yang tersedia membantu Thrive DC mengumpulkan dana setara dengan biaya 5.400 janji temu dokter untuk masyarakat.
1Sumber: U.S. Census Bureau, District of Columbia, Quick Facts, 2017
2Sumber: United States Interagency Council on Homelessness